Apa itu Flange Management Dari Jasa Bolting? Definisi, Prosedur, dan Tujuannya

Hydraulic bolt tensioner sering dibutuhkan pada saat flange management oleh Jasa Bolting. Sementara itu, flange management sendiri adalah kegiatan dalam mengatur koneksi flange yang dilakukan sesuai prosedur. Flange adalah komponen pipa yang digunakan untuk menggabungkan dua pipa atau dengan komponen lainnya secara non permanen.

Flange management biasannya dilakukan di industri minyak dan gas dan petrochemical. Proses pengerjaan pada flange management harus dilakukan secara benar dan sesuai prosedur. Karena, sebagian besar aliran dalam pipa tersebut mengandung cairan atau gas yang sangat berbahaya. Berikut beberapa penjelasan lebih detail mengenai flange management.

Apa Itu Flange Management?

Flange management diartikan sebagai suatu prosedur yang mengatur koneksi flange perpipaan untuk menghasilkan sambungan yang aman dan bebas dari kebocoran. Prosedur ini dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan berlaku secara Internasional, sehingga keamanannya sudah terjamin.

Proses ini tidak hanya melakukan pengencangan flange namun juga proses pemeriksaan hingga pemeriksaan sesudah pengencangan. Prosedur pada flange management ini meliputi pemeriksaan, pemasangan flange, pemasangan dan pengencangan baut, hingga record data, dan semua kegiatan lainnya yang berhubungan dengan flange.

Prosedur pada Flange Management

Pekerjaan yang dilakukan oleh tim Jasa Bolting termasuk beresiko tinggi, sehingga harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan sudah tersertifikasi. Prosedur ini meliputi:

·         Survey lokasi. Tahap ini dilakukan untuk mengetahui kondisi medan, akses yang akan dilalui, serta perkiraan kendala yang akan dialami. Selain itu, juga melakukan pengumpulan data.

·         Persiapan. Langkah selanjutnya yaitu melakukan persiapan dokumen seperti ijin kerja dan lainnya. Selain itu, mempersiapkan peralatan sesuai yang akan dibutuhkan di lapangan.

·         Melepas sambungan flange dan valve. Ketika melakukan pelepasan sambungan flange dan valve ada banyak hal yang harus diperhatikan. Misalkan seperti sudah melakukan isolasi pada saluran, ada sistem penandaan, selalu memantau beban pipa dan flange, selalu memeriksa kebocoran dan banyak lainnya. Setelah dilepas, letakkan valve di tempat yang aman.

·         Pemasangan valve. Dalam memasang valve, pastikan semua peralatan sudah sesuai dengan spesifikasinya. Pasang valve secara hati-hati jangan sampai ada benturan serta pastikan permukaan flange valve bersih.

·         Pengencangan baut flange. Pengencangan baut ini dilakukan dengan menggunakan alat orque wrench yang dilakukan sesuai dengan standar dan prosedur yang telah ditetapkan.

·         Leak test. Langkah terakhir adalah melakukan pengujian pada ruang tertutup untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau tidak. Setelah dipastikan tidak ada kebocoran, barulah menyelesaikan prosedur yang tersisa yaitu, pembersihan area kerja.

Tujuan adanya Flange Management

Pemasangan flange merupakan proses yang cukup rumit, sehingga terbentuklah flange management yang memiliki tujuan diantaranya sebagai berikut:

·         Menghasilkan sambungan flange yang aman dan tidak ada kebocoran. Hal ini dikarenakan flange management mengatur semua hal yang berkaitan dengan penyambungan flange, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.

·         Keamanan terjamin. Prosedur flange management telah diatur sesuai standar internasional sehingga semua bekerja dengan mengikuti standar dan referensi yang sama. Mulai dari prosedur, peralatan yang digunakan, hingga tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi hal tak terduga. Sehingga keamanannya terjamin.

Itulah beberapa hal mengenai flange management. Proses pemasangan flange dengan menggunakan alat hydraulic torque wrench oleh jasa bolting indonesia memiliki potensi bahaya yang tinggi. Hal ini dikarena cairan atau gas yang berada di dalam pipa tersebut dapat membahayakan manusia apabila terjadi kebocoran. Maka dari itu, dengan mengikuti prosedur flange management, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih aman.

Posting Komentar

My Instagram

Copyright © Jasa Belajar SEO. Designed by OddThemes